Pages - Menu

Minggu, 17 Januari 2016

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Tanaman Obat ?



  Bagaimana ya caranya mengidentifikasi tanaman Obat yang benar ?

Kebanyakan orang masih kurang mengerti bagamina cara menemukan tanaman Obat yang benar untuk menyembuhkan penyakit, dan bahkan salah memilih tanaman yang digunakan sebagai obat hal ini sering terjadi, ingin mengobati dengan cara herbal tapi malah salah. mari kita simak caranya ..






Cara Mengidentifikasi Tanaman Obat

  Bahan tanaman yang akan digunakan sebagai obat, harus berasal dari jenis tanaman yang memiliki efek farmakologi tertentu yang sesuai dengan jenis penyakit yang akan disembuhkan. Hal ini perlu diperhatikan dengan serius, karena apabila terjadi kesalahan dalam memilih dan menggunakan tanaman akibatnya akan berdampak negatif.
  Perhatikan ciri-ciri tanaman Obat yang akan dimanfaatkan tersebut dengan teliti. Hal ini perlu diperhatikan, karena banyak tanaman obat yang memiliki ciri khas yang mirip, namun mempunyai khasiat yang berbeda.
  Selain harus mengenali  jenis-jenis tanaman dengan ciri fisiknya, perlu juga memperhatikan sifat dan cita rasa herba tersebut. Di dalam trditional Chinese Pharmacology, ada 4 macam sifat dan 5 macam cita rasa dari tanaman obat, yang merupakan salah satu bagian dari cara pengobatan tradisional dari timur.
  Empat macam sifat dari tanaman Obat yaitu : dingin, panas, hangat, dan sejuk. Tanaman obat yang sifatnya panas dan hangat dipakai untuk  pengobatan pada sindrom dingin. Misalnya, takut dingin, tangan dan kaki dingin, lidah pucat, nadi lambat, dan lain-lain. Sifat sejuk dan dingin digunakan untuk pengobatan pada sindrom pana. Misalnya, demam, rasa haus, kencing berwarna kuning tua, lidah merah, denyut nadi cepat,  dan sebagainya.
  Lima macam cita rasa dari tanaman Obat yaitu : pedas, manis, asam, pahit, dan asin. Cita rasa dapat digunakan untuk tujuan tertentu karena selain berhubungan dengan organ tubuh juga mempunyai khasiat dan kegunaan tersendiri. Rasa Pedas misalnya, mempunyai sifat penyegar dan merangsang. Rasa manis mempunyai kegunaan menguatkan (tonic effect) dan menyejukan. Rasa Asam sifatnya pengelat dan mengawetkan. Rasa Pahit untuk menghilangkan panas dan lembab. Adapun rasa Asin sifatnya melunakan dan sebagai pencahar. Kadang-kadang ada pustaka yang menambahkan cita rasa yang ke enam yakni tanpa rasa atau tawar (blend tasting) yang bersifat meluruhkan kencing (diurik).

  Mengingat hampir setiap jenis tanaman obat memiliki beberapa kesamaan fisik seperti warna, bentuk, maupun corak vegetasinya,  maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih jenis tanaman obat tersebut diantaranya :

  1. Gunakan nama ilmiah (nama lain) pada saat mengidentifikasi jenis-jenis tanaman.
  2. Gunakan foto berwarna untuk membantu mengidentifikasi jenis tanaman obat yang ada. (cara ini kurang akurat dan banyak menimbulkan kesalahan)
Mungkin cukup sekian dari yang bisa dijelaskan semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar